Tunggu Event Selanjutnya Ya... Keep Hamasah!! ^_^ Untuk Maba 2010: WELCOME!! ^_^

10 Maret 2010

Adab Sebelum dan Sesudah Tidur

Ada satu hal penting juga untuk diingatkan kepada antum mengenai adab tidur. Kita patut bersyukur karena Allah telah menganugerahkan kita kegiatan tidur yang dapat melepaskan kepenatan. Namun, perlu diperhatikan juga adab-adab sebelum tidur. Berikut akan dijelaskan mengenai adab tidur sesuai dengan sunnah Rasulullah. Sumber adab ini disarikan dari “Kitabul Adab” karya Syaikh Fuad bin Abdul Aziz As Syalhub.

1. Tidur di Awal Malam

Dikatakan bahwa tidur Rasulullah adalah yang paling sempur na dan menyehatkan tubuh karena Rasulullah tidur pada awal malam dan bangun saat sepertiga malam.


2. Dibencinya Tidur Sebelum Isya dan Mengobrol Sesudahnya

Maksudnya bahwa tidur sebelum waktu shalat Isya tiba dikhawatirkan akan menyebabkan kita melalaikan shalat Isya, sementara “mengobrol sesudahnya” adalah tidak baik mengobrol sesuatu yang tidak bermanfaat seusai shalat Isya. Namun, jika obrolan tersebut menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita maka larangan di atas tidak berlaku.


3. Menutup Pintu dan Mematikan Api

Dari Jabur bin Abdullah bahwasanya Rasulullah bersabda: “Matikanlah lampu-lampu di waktu malam jika kalian hendak tidur dan tutuplah pintu-pintu bejana serta makanan dan minuman kalian.”

Di sini sangat ditekankan untuk melakukan kegiatan preventif sebelum tidur untuk menghindari bahaya yang tidak diinginkan seperti kebakaran ataupun pencurian.


4. Berwudhu

Berdasarkan hadits dari Baro bin Azib bahwasanya Rasulullah bersabda: “Apabila kalian hendak mendatangi tempat tidur, maka berwudhulah seperti wudhu kalian untuk shalat.”

Maksud dari hadits di atas bahwa pentingnya berwudhu ini dimaksudkan jikalau saat tidur maut menjemput seketika dan untuk menjauhkan diri dari gangguan syaithan serta perasaan takut ketika tidur.


5. Mengebuti Tempat Tidur

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian hendak tidur, maka kebutilah tempat tidurnya dengan ujung sarungnya karena sesungguhnya dia tidak tahu apa yang akan menimpa padanya.”

Mengebuti tempat tidur hendaknya dilakukan sebanyak tiga kali dan membaca Basmalah ketika mengebutinya. Bagi orang yang bangun dari tempat tidurnya kemudian di kembali lagi maka dianjurkan untuk mengebutinya kembali.

 
6. Larangan Tidur Satu Selimut

Dari Abu Said Al Khudri dari bapaknya bahwasanya Rasulullah bersabda: “Janganlah pria melihat aurat pria yang lain dan janganlah wanita melihat aurat wanita yang lain, dan janganlah pria berkumpul dengan pria lain dalam satu selimut dan janganlah wanita berkumpul dengan wanita lain dalam satu selimut. “


7. Berbaring Ke Sisi Kanan

Sahabat Mulia Hudzaifah berkata: “Adalah nabi apabila tidur beliau meletakkan tangannya di bawah pipinya.”

Menurut Imam Ibnul Jauzy berkata keadaan tidur seperti ini sebagaimana ditegaskan oleh pakar kedokteran merupakan keadaan yang paling baik bagi tubuh.


8. Membaca Ayat Al-Quran

Dianjurkan untuk setiap muslim sebelum tidur untuk membaca:

a. Membaca Ayat Kursi sebagaimana hadits tentang kisah Abu Hurairah yang diajari oleh syaithon Ayat Kursi kemudian dia berkata: “Jika engkau membacanya maka Allah akan menjagamu dan syaithon tidak akan mendekatikmu hingga pagi.”

b. Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Rasulullah mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu meniupnya seraya membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Kemudia Rasulullah mengusapkan kedua tangannya ke bagian tubuh yang dapat diusap mulai dari kepala, wajah, kemudian bagian tubuh lainnya sebanyak tiga kali.

c. Membaca Dua Ayat Terakhir dari Surat Al-Baqarah.


9. Membaca Doa

“Ya Allah dengan menyebut nama-Mu aku mati dan hidup.”

“Ya Allah aku berserah diri kepadamu, aku serahkan segala urusanku kepada-Mu, aku sandarkan punggungku kepada-Mu, karena mengharap dan takut kepada-Mu, tidak ada tempat menyandarkan dan tempat menyelamatkan kecuali kepada-Mu. Ya Allah, aku beriman kepada kitabmu yang telah Engkau turunkan dan kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus.”


10. Bagaimana JIka Bermimpi??

Jika bermimpi baik, maka memuji Allah dan menceritakannya kepada orang lain yang menyukai. Jika bermimpi buruk maka hendaklah ia memohon perlindungan dari Allah kemudian meludah ke arah kiri sebanyak tiga kali, berpindah tempat shalat dua rakaat, janganlah menceritakannya kepada orang lain.


11. Ketika Bangun Tidur

Ketika kita bangun tidur hendaknya kita berdoa: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah sebelumnya mematikan kami dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan.”


Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kalian semua dan mengubah pandangan kita bahwa betapa pentingnya adab sebelum dan sesudah tidur. Mungkin, jika teman-teman sekalian pernah mengalami suatu kejadian aneh saat tidur karena (setelah menyadarinya) tidak membaca doa sebelum tidur, artikel kali ini semoga menjadi solusi yang baik.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar